Jumat, 07 Mei 2010

Sebelum Belajar PLC

plc atau programmable logic controller adalah suatu alat yang dapat melakukan pengaturan pada peralatan dengan cara diprogram dengan aturan logika manusia. jadi, kalau kemampuan logika rekan-rekan kurang, sebaiknya jangan belajar plc. kecuali hanya sekedar tahu saja cara kerja, itu ngak masalah.
untuk mengerti plc, sebaiknya rekan-rekan mengetahui wujud fisik dari plc itu sendiri. pepatah bilang Tak tahu rupanya maka tak sayang.
berikut bentuk fisik dari plc, salah satunya plc mitsubishi. untuk merk plc yang lain silahkan googling aja.
Type FX :
Type A-Series :

Type Q-Series :

Setelah mengetahui Rupanya, rekan-rekan harus tahu cara pengkabelannya, terutama pengkabelan Input dan Output dari PLC. Jadi, rekan-rekan harus Tahu Input PLC dihubungkan kemana aja sih ? apakah ke sensor-sensor,saklar-saklar atau lainya.
disamping harus tahu pengkabelan input plc, pengkabelan output plc juga harus mengatahuinya. output-output plc dihubungkan kemana aja ? apakah ke lampu, ke sirine, ke motor, ke relay, dan sebagainya.
Setelah tahu cara pengkabelan, baru rekan-rekan harus tahu cara penggunaan software/tool untuk pemrograman plc. Usahakan paham fungsi dasarnya dulu, dari software pemrograman tersebut. mulai dari cara pasang kabel program, cara setting komunikasi harus sudah paham.
Setelah Paham tentang software pemrogram plc, baru rekan-rekan bikin program ladder sederhana dulu dan program tersebut dimasukan atau di download ke memory plc dan melihat hasilnya. Kalau hasilnya sama dengan yang rekan-rekan inginkan maka rekan-rekan baru tahap awal untuk belajar plc.
Sampai disini dulu artikel saya, kala ada waktu nanti di lanjutkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar